Buka PPMN III, Menag RI Minta Tradisi Nilai Pramuka Harus Dijaga dan Dirawat

INILAHCELEBES.ID, Bangka Tengah – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin menegaskan komitmen Kementerian Agama RI untuk mengembangkan Pramuka baik itu di madrasah dan pondok pesantren serta perguruan tinggi keagamaan di bawah naungannya.

Hal itu diutarakan dalam sambutannya di hadapan para undangan dan peserta Pramuka Madrasah pada Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III Tahun 2017 di Provinsi Bangka Belitung, Selasa (16/5).

“Kemenag dan jajaran madrasah punya komitmen yang tinggi agar gerakan Pramuka kita jaga dan kita rawat, juga kita kembangkan sehingga Pramuka mampu menghadapi situasi bangsa kita dengan penuh kearifan,” tegas Lukman Hakim.

“Kami di Kemenag menjaga tradisi yang baik, yaitu menjaga perkemahan Pramuka tidak hanya di kalangan madrasah, tapi juga di pondok pesantren dan perguruan tinggi di Tanah Air,” lanjut Menag RI di Bumi Perkemahan Selawang Segantang, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Pembukaan Perkemahan Pramuka Madrasah tingkat Nasional III tahun 2017 ini ditandai dengan pemukulan beduk serentak oleh Menag RI, Ketua Kwarnas Pramuka, dan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pada upacara pembukaan tersebut, tampak hadir dan duduk di barisan panggung VVIP di antaranya Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amir, dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bangka Belitung, para Ka.Kanwil Kemenag se-Indonesia, termasuk Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel yang saat ini masih menjabat sebagai ketua forum Ka.Kanwil Kemenag se-Indonesia.

Kegiatan yang digelar Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI ini dimulai pada 14 Mei hingga 20 Mei 2017 mendatang. Kegiatan yang diperuntukkan bagi Pramuka Penegak tingkat Madrasah Aliyah tersebut diikuti oleh lebih dari 800 peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

Masing-masing provinsi mengirim 20 orang yang terdiri atas putra dan putri. Sementara itu, kontingen cabang se-Provinsi Bangka Belitung mengirimkan 32 orang, yang terdiri atas putra dan putri termasuk Kontingen dari Provinsi Sulsel. (Wrd)

Pelangsir Talibun Pecahkan Rekor MURI

Rekor MURI

Pada kesempatan itu, peserta dan para undangan dihibur oleh pertunjukan paramotor yang terbang mengelilingi lapangan upacara sebanyak tiga kali. Penampilan Tarian Kolosal dari Siswa Siswi MAN 1 Bangka Belitung, dan Pemecahan Rekor MURI dalam kategori Pelangsir Talibun Terbanyak.

Dilaporkan oleh : Mawardy Siradj

Editor: Firman

Silahkan dibagikan

Comments

comments

redaksi

Read Previous

Satpol PP Wajo Tertibkan Ratusan Reklame yang Tak Bayar Pajak

Read Next

Alami Infeksi Otak, Balita Asal Sidrap Tak Sadarkan Diri Selama Delapan Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *