Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kemenag RI Gelar Qur’ah Demi Mudahkan Jamaah di Tanah Suci

INILAHCELEBES, JAKARTA – Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI melaksanakan Qur’ah Pemondokan Jemaah Haji wilayah Makkah di hotel Mercure Convention Center Ancol Jakarta yang digelar selama tiga hari, 11-13 Juni 2017.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis menyampaikan sejumlah agenda penting yang telah selesai dilaksanakan berkenaan dengan persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini di antaranya, Pelunasan BPIH, pembagian kloter, dan sementara berlangsung Qur’ah, yaitu mekanisme penempatan jemaah haji kita di pemondokan Makkah akibat bervariasinya jarak dan harga pemondokan.

“Olehnya itu, metode Qur’ah dilakukan  untuk  menjaga prinsip yang berkeadilan. Qur’ah juga diselenggarakan jauh hari agar bisa membantu jemaah haji kita untuk memperoleh informasi lebih awal tentang gambaran lokasi pemondokannya di tanah suci, agar mereka juga bisa lebih menyiapkan diri, baik fisik dan mental lebih awal,” kata Sri Ilham Lubis.

Yang di Qur’ah hari ini, Senin, (12/6) ada 70 maktab, yang kapasitasnya 3000 jemaah atau sekitar 7 sampai 8 kloter. Selain itu, di sektor Makkah telah disiapkan 155 hotel dan Bus antar jemput dari hotel ke Masjidil Haram, sedangkan di Madinah pihak Kemenag selaku penyelenggara Haji RI sudah menyiapkan 131 hotel dengan jarak terjauh 1300 meter dan disiapkan layanan bus sholawat.

Ketua Komisi VIII DPR RI H. M. Ali Taher mengatakan, DPR RI mengapresiasi kinerja Kementerian Agama RI beserta jajarannya di seluruh Indonesia yang sampai saat ini telah memperlihatkan prestasinya dan etos kerjanya dalam membina umat beragama di Indonesia.

“Hal ini perlu semakin ditingkatkan, khususnya terkait penyelenggaraan ibadah haji yang tahun ini telah melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas layanan haji baik di Makkah maupun di Madinah. Kami berharap pelaksanaannya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya serta tetap mampu mempertahankan predikat sebagai negara Penyelenggara ibadah Haji terbaik di dunia,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan itu Sekjen Kemenag RI, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ketua KPHI, Komjen RI Jeddah, para Pejabat Eselon II dan III di lingkup Dirjen PHU, para Kakanwil dan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag seluruh Indonesia. (Wardy/Firman)

Silahkan dibagikan

Comments

comments

redaksi

Read Previous

PDIP Wajo Tetapkan 7 Nama yang Lolos di Penjaringan Pilkada

Read Next

Gelar Safari Ramadhan, YRFI Wajo Bagikan Sembako buat Korban Banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *