Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Ekonomi Bisnis / Anggap Kurang Berkontribusi kepada Masyarakat, Ansor Maros Nilai PT Bosowa Semen Tak Layak di Maros

Anggap Kurang Berkontribusi kepada Masyarakat, Ansor Maros Nilai PT Bosowa Semen Tak Layak di Maros

PT. Semen Bosowa (foto: int)

INILAHCELEBES.ID, MAROS – Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros, Abrar Rahman mengaku sangat kecewa dengan rendahnya perhatian PT. Bosowa Semen Maros terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan kepemudaan.

Selama tahun 2017, pabrik semen ini tidak banyak berpartisipasi terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan. Padahal pabrik Semen Bosowa sudah punya dua line atau dua pabrik semen. Ini berarti produksinya bisa dua kali lebih banyak. Dengan begitu tidak ada alasan bagi pihak perusahaan tidak berkontribusi besar terhadap masyarakat Maros.

“Harusnya, perhatian dan bantuan kepada kegiatan sosial, terutama kegiatan kepemudaan semakin baik,” tegas tokoh pemuda Maros itu.

Dia menambahkan, pihak manajemen PT. Bosowa Semen Maros selalu berdalih dengan alasan keuangan perusahaan yang tidak stabil dan tidak ada uang.

“Padahal, bagaimanapun, selama perusahaan masih beroperasi, corporate tersebut punya kewajiban dan tanggung jawab sosial melalui program Corporate Social Responcibility (CSR), yang diatur dalam Undang-Undang dan peraturan pemerintah,” jelas Abrar.

Menurutnya, CSR saat ini sudah ditegaskan dalam UU, yakni UU No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) pasal 74 dan UU No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal pasal 15,17, dan 34.

Abrar menjelaskan, peraturan mengikat Perseroan Terbatas (PT) yang operasionalnya terkait Sumber Daya Alam (SDA), yaitu Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007.

Dalam pasal 74 disebutkan: (1) Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam, wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, (2) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagaimana dimaksud ayat (1) merupakan kewajiban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

Undang-undang tersebut, terang Abrar, kemudian dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan.

Dalam PP ini, perseroan yang kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam diwajibkan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Kegiatan dalam memenuhi kewajiban tanggung jawab sosial dan lingkungan tersebut harus dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang dilaksanakan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

Menurutnya, atas dasar regulasi diatas, PT. Bosowa Semen Maros mesti menyampaikan secara berkala ke masyarakat terkait program sosial kemasyarakatan, jumlah dana CSR tiap tahun dan informasi terkait prosedur agar masyarakakat luas bisa dengan mudah mengakses dana atau program dari CSR perusahaan.

“Sudah seharusnya pula Bosowa Semen Maros membantu air bersih gratis untuk masyarakat Maros utamanya masyarakat ring satu dan desa-desa pesisir kecamatan Bontoa yang hari ini dilanda krisis air. Jangan selalu berdalih tidak ada uang. Padahal tiap hari beroperasi. Kalau tidak punya uang, stop pertambangan! Berhenti mengeksploitasi alam Maros!” tutupnya.

Laporan: Abrar

Editor: Firman

Comments

comments

About redaksi

Check Also

Ansor Bone Gelar Barzanji, Sumardi Arifin Berharap Kegiatan Tersebut Dipertahankan

INILAHCELEBES.ID, Bone – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bone menggelar Pembacaan Barazanji dan Sanad ke-NU-an …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *