Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Nasional / Dimediasi PB PMII dan IKA PMII, Aminuddin Ma’ruf Minta Maaf kepada Masyarakat Sulteng

Dimediasi PB PMII dan IKA PMII, Aminuddin Ma’ruf Minta Maaf kepada Masyarakat Sulteng

INILAHCELEBES.ID, Palu – Polemik pidato Ketua Umum PB PMII Aminuddin Ma’ruf saat Pembukaan Acara Kongres XIX PMII di Kota Palu yang telah menyebabkan ketersinggungan terhadap Gubernur dan masyarakat Sulawesi Tengah secara umum akhirnya terselesaikan dengan baik

Amin memberikan klarifikasi resmi dan permohonan maaf saat pertemuan dan mediasi yang dilakukan antara Ikatan Keluarga Alumni PMII (IKA PMII), PB PMII, serta Gubernur Sulawesi Tengah di Ruang Rumah Jabatan Gubernur Sulteng, Rabu (17/5).

“Terkait polemik pidato saya kemarin, tidak ada maksud untuk menyinggung Gubernur Sulawesi Tengah dan masyarakat Sulawesi Tengah secara umum. Dengan itu, saya secara pribadi dan atas nama PB PMII, meminta maaf jika pidato saya kemarin telah menyinggung hati masyarakat Palu dan masyarakat Sulawesi Tengah secara umum,” jelas Aminuddin pada pertemuan dan klarifikasi di Rujab Gubernur.

Selain itu, Gubernur Sulawesi Tengah, H. Longki L. Djanggola yang juga hadir dalam pertemuan dan mediasi tersebut, menyatakan penyesalan atas pidato dan statement yang disampaikan oleh Amin saat Pembukaan Kongres XIX PMII di Palu.

“Yang jelas, saya pun juga sangat menyesalkan sikap adinda saya (Aminuddin Ma’ruf, red) dengan statement itu. Mungkin karena terlalu semangat, sehingga ya keseleo lidah dan akhirnya dapat memberi arti yang lain,” ujar Longki.

Selain itu, Gubernur juga memaklumi pidato Amin yang mungkin saja terpikir dengan kasus-kasus di Jawa atau mungkin terbawa dengan arus isu yang baru dan hangat yang lagi diupayakan oleh pemerintah, semisal persoalan HTI sehingga menimbulkan pidato kontroversial itu.

“Jadi, prinsipnya saya tidak ada masalah dan menerima permintaan maafnya. Hanya saja, tolong kalau boleh adakan klarifikasi terhadap sambutan itu, seperti yang adinda katakan tidak ada maksud untuk mendiskreditkan baik ulama, umat Islam keseluruhan, dan rakyat Sulawesi Tengah,” tambah Longki.

Gubernur juga berharap bahwa kongres XIX PMII dapat berjalan dengan lancar dan akan tetap mendukung perhelatan akbar pergantian kepemimpinan di tubuh PB PMII hingga selesai.

“Saya minta ini secepatnya clear, karena masih ada musyawarah di Kongres, dan ini semua dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Juga tidak ada gesekan-gesekan yang memanfaatkan momen ini (kontroversi pidato Aminuddin, red).

Di akhir pertemuan dan mediasi tersebut, Gubernur Sulteng, KetuaUmum PB PMII, Ketua IKA PMII Sulteng dan Sekretaris PW GP Ansor saling mengadakan foto bersama dan bergandengan tangan di hadapan para wartawan yang juga ikut dalam pertemuan dan mediasi resmi PB PMII di Rujab Gubernur Sulteng.

(Media Centre Kongres XIX PB PMII)

Comments

comments

About redaksi

Check Also

Luar Biasa, Sulsel Boyong 6 Nominasi Terbaik Bawaslu Award

INILAHCELEBES.ID, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan patut diapresiasi. Pasalnya, dari 12 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *