Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Ekonomi Bisnis / Home Industri “ABONKITA”, Dorong Tingkatkan Ekonomi Keluarga
Pasang Iklan ta Disini

Home Industri “ABONKITA”, Dorong Tingkatkan Ekonomi Keluarga

Abonkita, produk home industri milik ibu Sumar

INILAHCELEBES.ID, WAJO – Industri Rumah Tangga (Home Industri) kini menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan perekonomian di beberapa lapisan masyarakat.

Saat ini trend wirausaha dalam bentuk Home Industri tengah booming di masyarakat. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari peran pemerintah yang terus berusaha mendorong munculnya wirausaha baru sebagai lokomotif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Home Industri, selain tergolong mudah karena hanya dilakukan di rumah dengan konsep yang  sederhana, omsetnya juga cukup menjanjikan. Hal ini tentu saja menjadikan home industri sekarang ini semakin diminati oleh masyarakat sebagai salah satu peluang usaha.

Ibu Sumar, pegiat home industri

Salah satu pelaku usaha home industri, Ibu Sumar yang sehari-harinya berprofesi sebagai salah seorang karyawan di salah satu rumah sakit swasta di kota Sengkang ini, memilih menjalankan usaha ini sebagai salah satu pilihan dalam menambah penghasilan rumah tangga.

Ibu satu anak ini memulai usaha pengolahan Abon di rumahnya yang berlokasi di Surae, kelurahan Wiringpalennae kecamatan Tempe kabupaten Wajo sejak dua bulan lalu.

“Peralatan yang kami pakai cukup sederhana, tapi Alhamdulillah bisa memproduksi antara 10-15 kg Abon setiap harinya,” ungkap Sumar.

Luar biasanya, hari pertama launching, sebanyak 150 bungkus Abon yang diproduksi saat itu habis terjual.

“Saat ini, ada 2 jenis abon yang kami produksi, yaitu Abon Ayam dan Abon Ikan Gabus yang dibandrol dengan harga mulai Rp. 25.000 – Rp. 30.000 per bungkusnya,” lanjutnya.

Dalam memasarkan produknya, dirinya memanfaatkan peranan media sosial seperti Facebook, WA dan BBM. Selain itu, untuk memaksimalkan pemasaran produknya, dia juga memasarkan di Toko Bintang Sembilan miliknya yang berlokasi di jalan HA Mori (sebelah barat Terminal Callaccu) Sengkang.

Menurutnya, sejauh ini produk yang diberi Brand “Abonkita” tersebut selain pasar lokal, seperti di pasar tradisional dan mini market di dalam kota Sengkang, kini telah menembus pasar antar pulai, seperti Kalimantan, NTB, Papua, dan Jawa.

Berkat usahanya tersebut, dirinya bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Hal itu juga tak terlepas dari peranan sang suami, Zainal Arifin yang senantiasa memberikan dukungan kepada sang istri.

Untuk mendapatkan ABONKITA, bisa menghubungi Sumar, HP. 082325455506

Laporan: Bang Zein

Editor: Firman

Comments

comments

About redaksi

Check Also

Khawatir Rugikan ‘Pa Bemor’, Ketua PDIP Wajo Tak Sepakat Grab Beroperasi di Wajo

INILAHCELEBES.ID, WAJO – Akhir-akhir ini marak beredar di media sosial (Medsos) terkait bakal beroperasinya layanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *