Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Peristiwa / Terancam Gagal Panen, Petani Desak Pemda Bulukumba Tindak Tambang Ilegal
Pasang Iklan ta Disini

Terancam Gagal Panen, Petani Desak Pemda Bulukumba Tindak Tambang Ilegal

Tambang yang diduga ilegal masih terus beroperasi

INILAHCELEBES.ID, Bulukumba – Sedikitnya 100 Ha sawah di Desa Longrong, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba terancam gagal panen. hal itu dikarenakan adanya kerusakan irigasi yang diduga disebabkan oleh adanya kegiatan tambang di dekat bendungan sungai Balantieng yang sudah berlangsung cukup lama.

Perwakilan petani, Syahrul Ramadhan mengungkapkan, hal itu membuat para petani resah dan telah mengadukan permasalahan itu ke pemerintah Kabupaten Bulukumba dan instansi terkait.

“Bahkan pada bulan April yang lalu, Wakil Bupati Bulukumba telah melakukan peninjauan lokasi sawah, bendungan, dan kegiatan tambang. Namun sampai hari ini masih belum membuahkan hasil,” lanjutnya.

Petani mendesak Pemerintah Daerah Bulukumba untuk menindak pelaku tambang ilegal

Para petani terus berupaya mencari solusi perbaikan irigasi dan pembelian lahan jalur irigasi senilai Rp. 125.000.000, namun irigasi swadaya tersebut tidak membuahkan hasil yang maksimal karena kegiatan penambangan tersebut berlansung.

Mereka menaruh harapan kepada Pemkab Bulukumba untuk penanganan serius dan dapat menghentikan kegiatan tambang tersebut. Jika hal ini tidak disikapi oleh pemerintah, dikhawatirkan akan memicu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat berpotensi menimbulkan konflik antara petani dan penambang yang ada.

“Demi menghindari timbulnya konflik antara petani dan penambang maka sangat diharapkan kepada pemerintah untuk mengambil langkah penyelesaian yang cepat dan tepat,” tegasnya.

Editor: Fhyr

Comments

comments

About redaksi

Check Also

Seru Banget! Begini Kemeriahan Gowes Nusantara yang Diadakan Polda Sulsel

INILAHCELEBES.ID, Makassar – Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono beserta jajarannya menggelar kegiatan “Gowes Nusantara” …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *